10 alasan pentingnya sabuk pengaman dipasang saat berkendara - Dunia Laki

10 alasan pentingnya sabuk pengaman dipasang saat berkendara

Memakai sabuk pengaman saat anda mengemudikan kendaraan dapat menyelamatkan hidup Anda, tetapi hal tersebut hanya berlaku jika Anda memakainya dengan benar. Pentingnya sabuk pengaman harus melewati bahu dan harus pas untuk tubuh Anda, bukan di bawah lengan. Jika sabuk pengaman tidak dipakai dengan benar, ketika mengalami kecelakaan, sabuk itu bisa saja menghancurkan tulang rusuk atau melukai organ tubuh anda. Ujung sabuk pengaman harus terpasang dengan baik dan diposisikan pada bagian pinggul, bukan di atas perut.

Alasan 1




Menggunakan sabuk pengaman saat berkendara merupakan aturan hukum berlalu-lintas di setiap negara termasuk Indonesia. Ancaman hukuman atau denda tilang jika tak menggunakan sabuk pengaman ini saat berkendara cukup berat. Jadi disamping faktor keamanan tubuh, faktor keamanan dompet pun perlu diperhitungkan.

Alasan 2

Sabuk pengaman akan melindungi anda dari benturan dengan kaca bagian depan mobil. Sebagai contoh, jika mobil yang anda kendarai atau tumpangi melaju dengan kecepatan 100 km per jam dan tiba-tiba berhenti mendadak, jika anda tidak mengenakan sabuk pengaman dengan baik, maka kepala dan tubuh Anda sangat beresiko menghantam kaca mobil bagian depan.

Alasan 3

Menggunakan sabuk pengaman dengan baik akan mencegah resiko anda terlempar dari kendaraan ketika terjadi kecelakaan.

Alasan 4

Sabuk pengaman akan menghindarkan anda dari terbentur ke bagian-bagian mobil seperti pintu, kemudi dan kursi yang ada di depan Anda (jika duduk dibagian belakang mobil) ketika mobil mengerem dan berhenti mendadak.

Alasan 5

Sabuk pengaman akan menghindarkan resiko pengemudi kendaraan dan penumpang saling bertabrakan satu sama lain. Hal ini merupakan salah satu penyebab cedera serius dalam beberapa kasus kecelakaan.

Alasan 6

Mobil tahun tinggi rata-rata telah menggunakan airbag sebagai pelindung tambahan bagi pengemudi dan penumpang bagian depan ketika terjadi kecelakaan. Akan tetapi, Airbag tersebut akan kurang efektif dan mungkin tidak berguna sama sekali jika Anda tidak mengenakan sabuk pengaman. Anda masih bisa terlempar dari mobil dan menghantam bagian-bagian mobil lainnya serta penumpang yang lain. Disamping itu, jika tubuh Anda tidak dalam posisi menempel pada bangku mobil, kemungkinan airbag yang mengembang secara tiba-tiba akan membantingkan anda ke belakang.

Alasan 7

Menggunakan sabuk pengaman selama berkendara bisa menyelamatkan nyawa Anda. Kematian pada kecelakaan dapat terjadi karena menghantam kaca depan, terlempar dari kendaraan, dan menabrak bagian-bagian kendaraan dan penumpang lainnya.

Alasan 8

Sabuk pengaman tetaplah merupakan perangkat penunjang keselamatan berkendara nomor satu, meskipun telah ada berbagai teknologi dan perangkat perlindungan lainnya.

Alasan 9

Menggunakan sabuk pengaman akan meningkatkan peluang keselamatan Anda untuk tidak terluka dan lebih waspada ketika terjadi kecelakaan.

Alasan 10

Sabuk pengaman akan membantu menjaga wanita hamil dan calon bayinya tetap hidup ketika terjadi kecelakaan atau pengereman mendadak. Untuk wanita hamil, dalam menggunakan sabuk pengaman disarankan untuk memakai sabuk pada posisi rendah (tidak melintasi perut) sehingga posisi perut tidak tergencet sabuk pengaman

Jadi, jika anda menyayangi nyawa anda dan keluarga, selalu gunakan sabuk pengaman dengan cara yang baik dan benar ketika anda berkendara.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)