5 Cara Agar Rem Mobil Bertahan Lebih Lama - Dunia Laki

5 Cara Agar Rem Mobil Bertahan Lebih Lama

Anda sebenarnya dapat menggunakan rem mobil Anda bertahan lebih lama dan bisa juga cepat, semua tergantung anda. Pakailah dengan cara yang bijaksana, untuk menghemat pengeluaran anda.

Apabila rem Anda cepat dipakai dan tip ini juga tidak membantu, berarti masalahnya ada pada mobil Anda, montir Anda, pemasangan rem yang tidak benar, atau ketika orang lain memakai mobil anda.



Boleh dicoba tips berikut ini :

Kecepatan mobil.

Setiap kecepatan tinggi maka fungsi rem akan semakin bekerja keras. Apabila berhenti dari kecepatan 65 mph akan lebih cepat aus daripada 55. (Peringatan: formula perhitungan semakin tinggi.) Gerak mobil adalah energi kinetik. Ini dihitung dengan mengalikan separuh berat mobil menurut kuadrat kecepatannya. Rem dipaksa semakin bekerja dengan mengeluarkan energi menjadi panas. Sedikit tips yang penting yaitu kecepatan sedikit kurang maka energi kinetik jauh lebih sedikit, bahan rem tentu akan semakin lama waktunya untuk berubah menjadi panas.

Kenali wilayahnya.

Ada kalanya jalan yang sering kita lalui selama 10 tahun, mengalami kerusakan dan kadang ada pekerjaan perbaikan jalan dan kondisi jalan yang mulus, dengan mengingat situasi jalan tersebut, anda akan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk kecepatan tinggi dan kecepatan lambat. Aka nada perbedaan ketika seorang supir yang baru menggunakan jalan yang baru dilalui dengan supir yang sudah sering menggunakan jalan. Semakin anda hapal jalan tersebut maka penggunaan rem akan semakin jarang

Kendalikan Kecepatan di Lampu Merah

Ketika anda ada di perkotaan, lihatlah dengan jeli lampu lalu lintas yang terlihat di depan anda. Dengan memperhatikan lampu lalu lintas tersebut, anda akan dapat mengendalikan kecepatan anda. Menggunakan kecepatan yang tinggi disaat lampu akan berganti menjadi merah, maka penggunaan rem ketika mau berhenti akan semakin lebih banyak digunakan. Jadi hati-hatilah, ketika ada persimpangan lihatlah terlebih dahulu lampu lalu lintas agar anda dapat mengendalikan kecepatan.

Hindari Jarak Terlalu Rapat

Jangan rapatkan mobil anda ketika kondisi lagi padat, sebab sewaktu waktu mobil yang ada di depan anda akan menginjak rem dengan tiba tiba. Jadi aturlah jarak secukupnya dimana anda bisa mengendalikan mobil tanpa harus menginjak rem lebih dalam. Kemudian hindari membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas, sebab beban yang lebih berat akan membuat daya kerja rem akan lebih keras dari biasanya.

Ganti Ketika Telah Aus

Yang terakhir, jika mencoba memperpanjang umur rem terlalu lama walaupun kondisinya sudah aus, maka itu adalah tindakan yang salah. Sebab jika logam bertemu logam, maka berhemat adalah keputusan yang salah. Waktu yang tepat untuk memeriksa ketebalan rem adalah ketika ban anda berputar. Jika sering keluar bunyi berdenyit, maka bawalah ke bengkel untuk diganti, sebab itu tandanya bahwa kain rem anda sudah tinggal 30%.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)