Bagaimana Cara Merawat Radiator Mobil Anda - Dunia Laki

Bagaimana Cara Merawat Radiator Mobil Anda

Merawat radiator mobil anda secara rutin sangat penting dilakukan karena beberapa hal. Pertama, elektrolisis dapat menjadi penyebab endapan mineral ke piringan di saluran pendingin radiator, dan akhirnya akan dapat membuat aliran pendingin menjadi berhenti. Aki mobil dengan air keras – air dengan kandungan mineral tinggi – jadi ada baiknya anda menghindari penggunaan air keran dan pilih buatan dari pabrik yaitu cairan pendingin. Kedua, hati-hati dengan karat yang akan berkembang dan mampu membuat radiator tercemar, dan panas. Ketiga, radiator yang tidak efisien dapat menyebabkan suhu di bawahnya menjadi rendah. Ini menjadi penyebab bahan bakar boros dan memperpendek umur mesin.

Berikut panduannya jika mengalami radiator panas

Angkat tutup kap mobil depan dan lepaskan tutup radiator. Dari bagian bawah kap mobil, lihat katup pembuangan air radiator. Buka katup dan biarkan air pendingin. Gunakan wadah yang sesuai untuk menampung air pendingin, lalu tutup katup kembali setelah pendingin sudah habis.



Masukkan termostat. Isi melalui selang radiator atas dari radiator ke mesin. Biasanya, termostat selalu ditempatkan di perumahan. Lepaskan termostat dan pasang kembali jika sudah dipakai.

Buka penutup selang radiator atas dan secara perlahan isi radiator dengan air keran. Biarkan air mengisi seluruh blok mesin, dan sampai selang radiator atas kelihatan penuh. Pasang kembali selang atas. Kemudian tuangkan sebotol pembersih berbasis air ke radiator. Pakai pembersih kamar kecil komersial untuk menghilangkan kapur pada areal radiator. Tuang seluruh botol ke radiator.

Hidupkan mesin dan biarkan selama tiga sampai lima menit untuk menyebarkan pelarut di seluruh sistem pendingin. Kemudian biarkan selama 20 sampai 30 menit.

Tiriskan radiatornya. Lepaskan selang radiator bawah dan atas. Ambil termostat. Masukkan selang panjang ke dalam lubang termostat di blok mesin dan siram bloknya. Pakai aliran air bersih untuk mencegah pencabutan ulang. Siram blok selama dua sampai tiga menit.

Radiator disiram. Masukkan selang panjang ke katup pengisi radiator atas. Pakai aliran air yang bersih dan siram radiator selama dua sampai tiga menit.

Pasang selang radiator bawah. Kemudian pasang termostat. Periksa termostat lama pada bagian penutup dan cek karat yang ada. Pasang termostat baru jika perlu. Mulailah mengisi radiator dengan campuran 50/50 pendingin dan air. Berilah waktu pada kantong udara di blok mesin sampai benar-benar kosong.

Bersihkan luapan air pada wadah. Bersihkan dan bilas wadahnya. Pasang kembali wadah tersebut dan tambahkan pendingin ke tingkat yang sesuai. Periksa radiator dan perlahan-lahan masukkan dengan pendingin sesuai kebutuhan. Pasang selang radiator bagian atas saat pendingin merembes keluar selang.

Jalankan kendaraan kemudian biarkan berhenti selama 10 menit, lalu biarkan mesin sampai benar-benar dingin. Cek tingkat pendingin dalam wadah radiator dan overflow dan jangan lupa isi ulang sesuai kebutuhan. Lanjutkan kendaraan dijalankan dan diamkan selama 15 menit. Biarkan mesin dingin sepenuhnya dan isi ulang sistem pendingin sesuai kebutuhan.

PERINGATAN

Pastikan untuk mengikuti prosedur pengosongan kantong udara. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan overheating dan engine failure.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)