Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Mobil Bekas - Dunia Laki

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Mobil Bekas

Mau beli mobil bekas yang bagus? Dapatkah dijamin kualitasnya? Meski mobil bekas, jika mobil dipilih dengan prinsip kehati-hatian dan tepat, Anda bisa mendapatkan mobil dan kualitas yang bagus. Namun, tidak semua orang bisa berhati-hati memilih mobil bekas. Untuk Anda yang minat beli mobil bekas dan kualitas, perlu diperhatikan eksterior, interior, mesin bahkan ban mobil bekas sekalipun.

Harga mobil bekas tidak dapat dipastikan. Harganya dipengaruhi banyak faktor, mulai dari tahun produksi mobil, kondisi saat ini dari mobil, dan pengaruh lainnya.

Beda tempat maka maka beda jual harga mobil bekas. Anda tinggal pilih, beli mobil bekas di showroom atau pribadi? Simak tips sederhana yang kami berikan sebagai berikut:


Tempat Pembelian

Cara dan trik pertama untuk membeli mobil Avanza, Innova dan mobil bekas lainnya yang baik dan berkualitas adalah memperhatikan dimana tempat mobil kita beli. Memang sekarang banyak tempat penjualan mobil bekas dengan segala sesaji. Tapi untuk membeli mobil bekas, Anda juga bisa dari orang yang menjualnya secara langsung. Membeli ke dealer tentu membuat Anda memiliki banyak pilihan dan dapat memperoleh apa saja dari bonus yang ditawarkan, namun biaya pembelian lebih besar daripada jika Anda membelinya langsung dari orang pertama. Begitu juga lokasinya, beli mobil bekas di Jakarta dan disekitarnya akan berbeda juga hasilnya.

Harga Pasar

Setelah Anda menentukan jenis mobil bekas yang Anda inginkan, perlu dipertimbangkan tujuan membeli dan fitur mobil yang diinginkan, dan segeralah cek harga pasar mobil.

Harga pasar ini sebelum beli mobil bekas murah baik itu beli mobil bekas online ataupun offline juga perlu jadi pertimbangan. Patokan harga sudah anda dapatkan sebelum belanja mobil bekas. Kemudian cek harga pasar mobil bekas, sehingga saat membuka penawaran anda dapat melakukan tawaran serendah mungkin dari harga pasar.

Tapi ingat, tetaplah logis dalam tawarannya yang rendah. Biasanya terjadi pada dealer mobil bekas. Anda akan berhadapan dengan salesman mobil bekas, bukan pemilik dealer, bahkan mobilnya.

Periksa Kondisi Eksterior Mobil dan penampilan luar lainnya.

Pertama tempatkanlah mobil pada permukaan yang datar sebelum diperiksa body mobil bekasnya. Dengan kondisi seperti ini, Anda dapat untuk memeriksa semua ban dan bisa melihat mobil yang mudah rusak dan masih awet.

Cek kondisi cat mobilnya. Perhatikan karat, penyok atau goresan pada bodi mobil bekas. Lihat permukaan samping mobil dari ujung ke ujung. Tanda cat diulang jika ada tanda gelombang.

Untuk bawah mobil, periksa kondisi sistem pembuangan dan karat di bagian bawah bodi. Titik hitam pada sistem pembuangan menandakan bocor.

Kemudian periksa bagian knalpot mobilnya. Tanda minyak pada bagian knalpot pertanda masalah besar, dan asap putih yang keluar ketika mesin hidup pertanda buruk.

Periksa Kondisi Mesin

Periksalah blok mesin apakah ada noda minyak atau tidak. Karena jika terjadi kebocoran, kemungkinan perlu perbaikan besar di kemudian hari. Periksa cairan rem dan reservoir apakah bocor atau tidak.

Periksa warna minyak dengan menggunakan tongkat pengukur minyak transmisi. Mobil tua biasanya terlihat gelap tapi sebaiknya tidak terbakar atau kelihatan hangus jadi dan sebaiknya berwarna merah atau merah tua

Cara praktis lainnya, dengan membawa mobil ke tempat yang sepi untuk mengecek kondisi mesin. Nyalakan mesin tiga sampai lima menit dan dengarkan. Pastikan suara mesin tetap mulus dan juga konstan saat dinyalakan. Dengarkan dengan hati-hati ada tidaknya suara seperti benturan logam atau gosok. Dan bawalah mekanik yang anda percaya untuk lebih meyakinkan anda

Periksa kondisi interior

Untuk bagian interior, bagian kursi perlu jadi perhatian pertama, periksa robekan jok mobil. Kemudian kondisi lampu, sensor parker, system audio serta kamera parker.

Untuk odometer mobil bekas, normalnya jarak tempuh mobil rata-rata 16.000-24.000 km per tahun, namun dipastikan factor lainnya.

Kelengkapan Surat

Cek keaslian mobil BPKB dan STNK, karena banyak barang palsu beredar untuk mobil curian dengan harga jual yang tinggi. Pastikan bahwa mobil yang dibeli memiliki BPKB dan registrasi kendaraan dengan nama asli pemiliknya. Hal ini berguna untuk urusan dibalik nama dan administrasi lainnya.

Uji Drive

Berkendara dengan berbagai manuver, dan jarak yang jauh dan cobalah untuk kecepatan tinggi. Sebelum diuji, mintalah izin ke penjual kendaraan untuk kenyamanan proses jual beli mobil bekasnya

Dengan kecepatan rendah, lepaskan kemudi untuk mengecek mobil masih lurus atau tidak. Masih terkait dengan kondisi mobil, biasanya, mobil yang dipatok pada harga rendah memiliki banyak masalah.

Asuransi

Dan yang terakhir, perhatikan asuransi yang ada di mobil bekas tersebut. Jika mobil bekas yang akan Anda beli memiliki asuransi hal tersebut akan jauh lebih baik. Bagaimana dengan nama pemiliknya? Jangan khawatir, karena asuransi bisa ditransfer melalui proses balik nama. Jangan lupa menyiapkan dokumen jual beli yang lengkap sehingga proses di balik nama asuransi nanti dapat berjalan dengan baik.

Begitulah beberapa review hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil bekas. Semoga bermanfaat bagi Anda untuk mempunyai mobil impian.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)