Cara Lengkap Perawatan Mobil Tua Agar Lebih Awet - Dunia Laki

Cara Lengkap Perawatan Mobil Tua Agar Lebih Awet

Punya mobil tua dirumah? Bingung dengan perawatannya? Kali ini DuniaLaki akan mengulas satu persatu tentang perawatan mobil tua yang baik dan benar, sehingga mobil kamu dapat lebih awet, lebih aman dan nyaman dikendarai, dan yang paling penting nggak bakalan menyusahkan kamu dijalan nantinya jika mobil tuamu dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Periksa Mesin Mobil Secara Berkala

perawatan mesin mobil yang baikSalah satu bagian terpenting dari sebuah mobil tua adalah bagian mesinnya, karena pada sebuah mobil tua, mesin itu ibaratkan otak dari segala aktivitas mobilmu. Mau sekeren dan sementereng apa pun mobil tuamu, kalau bagian mesinnya tak terawat, yakin dan percayalah bahwa ia akan membuatmu susah nantinya. Kamu pasti tidak mau mobil tuamu mogok dan ngadat ketika berada di tengah jalan yang sedang macet, selain memalukan, juga pastinya akan menguras kantongmu untuk menyelesaikan permasalahan itu, untuk biaya derek misalnya. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan mesin mobil di cek secara rutin dan teratur, agar nantinya mesin mobil tuamu tak gampang mogok dan ngadat ketika digunakan.

Lakukan tune up mesin secara rutin dan berkala agar performanya tetap terjaga. Mesin mobil yang sudah tua sangatlah beresiko rusak dan mogok. oleh karena itu pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin agar mesin mobil tua itu selalu fit ketika dikendarai. Apabila peforma mesin mobil tuamu dirasa menurun, kamu dapat melakukan tune up sendiri atau pun membawanya ke bengkel mobil terdekat.

Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Disamping sering melakukan pengecekan mesin, gantilah oli mesin mobilmu secara berkala agar performa mesin tetap terjaga. Untuk penggantian oli mesin ini, usahakan agar tidak lebih dari 3000 km setiap penggantiannya. Atau untuk lebih baiknya, cek kekentalan dan tingkat kekeruhan oli mesin secara berkala, jika oli mesin keruh atau berwarna hitam pekat, segera lakukan penggantian oli mesin.

Periksa Kondisi Kabel Kelistrikan Mobil

Disamping memeriksa mesin mobil dan mengganti oli secara berkala, hal penting lainnya untuk diperhatikan adalah kondisi kabel-kabel kelistrikan yang ada dibawah kap mobil tuamu. Kondisi kabel ini sering terabaikan, padahal jangan salah, kondisi kabel ini sangat berpengaruh juga terhadap keamanan dan performa mobilmu. Kabel yang rapuh dan mengelupas seringkali membuat korslet dan terbakar pada berbagai alat kelistrikan yang ada pada mobil. Jangan ambil resiko, segera rawat dan ganti apabila memang sudah saatnya diganti.

Sebagai catatan, biasanya bengkel tempat memperbaiki atau membenahi kabel ini berbeda dengan bengkel perbaikan mesin mobil, walaupun di beberapa bengkel besar atau auto repair seperti berbagai bengkel mobil 24 jam, sudah tersedia berbagai bagian yang mengerjakan berbagai bidang yang berbeda. Akan tetapi, jika kantongmu rasanya tak memungkinkan untuk merawat mobil tuamu di bengkel besar yang biasanya harganya mahal, segera cari bengkel kecil yang khusus menyediakan jasa pengecekan, perawatan dan penggantian kabel pada mobil.

Periksa Volume Air Aki

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil tua ini adalah volume air aki, jika mobil tuamu menggunakan aki basah. Jika volume air aki kurang, kemungkinan ngedropnya akan lebih besar. Kalau sudah begitu, mobil akan susah atau tidak bisa sama sekali untuk distarter. Sebagai catatan, untuk penambahan air aki ini, gunakan air aki yang botolnya berwarna biru, karena air aki yang botolnya berwarna biru ini berfungsi sebagai penambah volume air aki yang kurang. Air aki yang botolnya berwarna merah khusus digunakan pada aki basah yang baru pertama kali digunakan, karena dalam air aki di botol berwarna merah ini mengandung asam sulfat yang menghantarkan listrik.

Periksa Busi-Busi

Agar mobil tuamu terjaga dengan baik, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah busi, karena merupakan sumber pengapian pada mobilmu. Idealnya setiap busi dapat digunakan selama 1 tahun, tapi jika mobil tuamu mulai ngangguk nggangguk nggak jelas jika gasnya digeber, dan suara mesinnya timpang saat dihidupkan, tidak ada salahnya segera periksa busi-businya, barangkali sudah umurnya untuk diganti.

Periksa Kanvas Rem

Untuk keamananmu berkendara, jangan malas untuk mengecek bagian kanvas rem sebelum berkendara, sebaiknya siapkan beberapa pasang kanvas rem di mobil untuk persiapan, jaga-jaga jika nanti diperjalanan kanvas remnya habis, kamu tinggal cari bengkel terdekat untuk menggantinya dengan cadangan yang kamu punya. Untuk lebih baik lagi, jika rem sudah mulai berbunyi jika ditekan, lebih baik segera dicek dan diganti jika memang diperlukan. Kadangkala, bunyi mencicit pada rem tidak melulu karena kanvas rem yang mau habis, ada kalanya mungkin berbunyi karena ada debu atau pasir yang menempel disitu.

Periksa Karet Penyangga Mobil

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah karet penyangga yang berada di pintu-pintu mobil. Karet ini mudah robek dan rusak, apalagi jika sudah terlalu lama digunakan dan tidak diganti. Karet penyangga yang sudah tak layak pakai akan menimbulkan suara bising saat mobil tuamu dikendarai, kerusakan pada karet penyangga ini juga dapat menimbulkan berbagai masalah lainnya seperti masuk atau merembesnya air hujan kedalam mobil.

Itu sekelumit hal yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil tua yang baik dan benar agar mobil tuamu dapat lebih awet, aman dan nyaman untuk dikendarai.

You May Also Like

2 thoughts on “Cara Lengkap Perawatan Mobil Tua Agar Lebih Awet

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)