Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Tetap Awet - Dunia Laki

Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Tetap Awet

Apabila kondisi mesin bersih, maka akan semakin mudah melakukan perawatan atau perbaikan. Jika Anda sering membersihkan mesin mobil anda dari debu, oli dan kotoran lainnya, melakukan perawatan selanjutnyapun akan lebih gampang dan cepat, juga makin mudah menyikat endapan minyak yang ada di mesin. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, dapat mencegah karat berkembang.



Perlu diketahui bahwa,terbentuknya karat karena pemilik kendaraan sering membiarkan dan tidak segera membersihkan percikan air dari jalan dan air hujan yang masuk ke mesin, jadi jika mesin rutin dibersihkan, kondisi mesin anda akan sehat dan dapat memperpanjang umur mesin kendaraan anda.

Bersihkan sampah-sampah yang terperangkap

Sebelum Anda mulai membersihkan mesin, buang setiap daun, rumput, ranting atau kotoran lainnya dari kap mesin. Sampah-sampah ini bisa menjadi masalah dan bahkan menimbulkan kebakaran jika dibiarkan di mesin atau sistem kelistrikan cukup lama.

Adakalanya daun – daun yang kecil berkumpul di bagian bawah kaca depan dan kemudian menumpuk di kap mesin. Jangan dibiarkan, sebab binatang kecil akan berkumpul di dalam, terutama ketika musim hujan.

Baterai dilepas

Ketika melakukan pembersihan dengan menyemprotkan air ke mesin, bisa menyebabkan air tersebut menempel ke beberapa komponen listrik, hal ini kadang dapat menyebabkan kerusakan. Untuk mengantisipasi hal itu terjadi, cegah dengan melonggarkan baut pada terminal negatif pada baterai dan geser kabel ground dari terminal.

Namun anda juga dapat melepaskan terminal positif sekaligus dan membersihkan baterai diluar tempat mesin, tapi jika anda membiarkan baterai di dalam mobil anda, masukkanlah kabel cround ke samping supaya kabel tersebut tidak bersentuhan dengan terminal baterai.

Tutup kabel atau elektronik yang terbuka

Tutup semua mesin anda dengan plastik pembungkus pada beberapa komponen listrik untuk menjaga keselamatan anda lebih maksimal. Jangan lupa tutup lubang masuk busi, kabel longgar dan tutup distributor jika letaknya satu titik

Lidungi mesin anda dengan kantong plastik kecil atau plastik cling wrap, agar mesin terlindung dan jangan lupa baca juga layanan manual kendaraan yang anda miliki

Mesin dibiarkan berjalan selama lima menit

Minyak gemuk yang terdapat di mesin jauh lebih mudah dilepas bila dipanaskan. Jalankan kendaraan dan biarkan selama lima menit. Tujuannya agar mesin sampai ke suhu normal ketika bergerak. Jangan biarkan mesin bekerja terlalu lama, atau Anda bisa lama lagi kerjanya saat mulai membersihkan kembali.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)