Cara menghemat BBM mobil saat liburan - Dunia Laki

Cara menghemat BBM mobil saat liburan

Mendekati musim liburan akhir tahun, banyak dari kita mungkin yang telah merencanakan perjalanan liburan, baik itu menggunakan kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum.

Pada kesempatan kali ini, DuniaLaki akan berbagi tips cara menghemat bahan bakar kendaraan pada saat kamu pergi berlibur nanti. Dengan menghemat pengeluaran untuk pembelian bahan bakar, kamu dapat berlibur dengan lebih maksimal.

Berikut beberapa tips yang mungkin dapat kamu terapkan agar konsumsi minyak mobil kamu dapat lebih irit pada saat liburan nanti.

Isi Bahan Bakar pada Saat Dingin

Jika kamu akan mengisi tangki bahan bakar mobil, upayakan mengisinya saat cuaca sedang dingin, seperti pada malam hari atau pada pagi hari. Jika kamu mengisi bahan bakar dalam kondisi panas terik, potensi menguapnya bahan bakar pada saat pengisian akan sangat besar.



Berbeda ketika kamu mengisinya pada saat dingin, kemungkinan menguapnya bahan bakar akan sangat kecil. Disamping itu, sifat umum bahan bakar sama layaknya sifat benda-benda lain pada umumnya. Pada saat kondisi dingin, bahan bakar lebih padat dan tidak memuai, sehingga cenderung lebih bertahan dalam tangki bahan bakar mobilmu.

Jangan Tunggu Habis Baru Diisi

Dalam hal mengisi bahan bakar minyak, upayakan mengisi kembali pada saat indikator minyak menunjukkan posisi setengah. Jika kamu menunda pengisian bahan bakar sampai tangki hampir kosong, cenderung akan membuat konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Hal itu disebabkan karena banyaknya udara yang berada pada tangki bahan bakar, sehingga mengakibatkan bahan bakar kendaraan lebih mudah menguap.

Carilah Tempat Teduh Untuk Parkir

Saat mencari tempat parkir untuk mobilmu, usahakan mencari tempat yang teduh. Karena semakin panas mobilmu, kemungkinan penguapan minyak pada tangki bahan bakar akan semakin besar. Disamping itu, dengan parkir di tempat teduh sangat berpengaruh terhadap pemeliharaan cat mobil agar lebih awet.

Cari Informasi Jalur Lalu Lintas

Sebelum kamu pergi berlibur, cari terlebih dahulu informasi mengenai jalur lalu lintas menuju destinasi wisata yang akan kamu datangi. Usahakan hindari jalur macet, karena kondisi macet akan cepat menguras bahan bakarmu. Disamping itu juga, kondisi macet akan membuat liburanmu tidak efektif karena banyaknya waktu terbuang di perjalanan. Kamu bisa memanfaatkan si Mbah Gugel untuk mencari informasi ini. Ibarat kata pepatah, Malu bertanya macet di jalan.

Matikan Mesin Saat Berhenti

Ketika kamu berhenti dalam perjalanan lebih dari 5 menit, ada baiknya mesin mobilmu ikut dimatikan. Selain menghemat bahan bakar, juga akan menjaga mobilmu tetap awet, karena kondisi mesin yang selalu hidup dan terlalu panas akan membuat mobilmu semakin cepat mengunjungi bengkel terdekat di kotamu.

Semakin Ringan Semakin Bagus

Berat muatan kendaraan ternyata sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Semakin berat muatan kendaraanmu, maka akan semakin berat pula beban kerja mesin mobil. Hal itu akan membuat bensin mobilmu juga akan ikut-ikutan boros. Jadi saat liburan nanti, buat list terlebih dahulu barang bawaanmu, mana yang perlu dibawa dan mana yang tidak. Jangan bawa-bawa kulkas atau mesin cuci nanti saat liburan ya guys, selain berat, juga akan membuat kulkas dan mesin cucimu cepat rusak karena dibawa-bawa.

Itu sekelumit hal tentang cara menghemat bahan bakar mobil, jangan lupa kembali kunjungi kami disini, karena besok akan kita sambung dengan pembahasan yang lebih detil mengenai konsumsi bahan bakar ini. Pergi liburan dulu ya guys, see you tomorrow. Jangan lupa untuk berkomentar di bawah ya

You May Also Like

One thought on “Cara menghemat BBM mobil saat liburan

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)