Cara menghemat karet wiper mobil agar tak sering diganti - Dunia Laki

Cara menghemat karet wiper mobil agar tak sering diganti

Wiper yang memiliki fungsi membersihkan kaca mobil sangat vital keberadaannya pada sebuah mobil. Bayangkan jika di mobil tidak ada wiper sebagai pengelap kaca ketika hujan sedang turun, disamping merepotkan, juga akan membahayakan keselamatan para pengemudi. Memang harga wiper mobil ini tak terlalu mahal, akan tetapi, jika tiap sebentar kamu harus mengganti wiper mobilmu karena karetnya mengeras kan lumayan menjadi boros. Kali ini DuniaLaki akan berbagi tips agar karet wiper mobilmu lebih hemat dan tak cepat minta diganti.

Parkir di Tempat Teduh

Ketika kamu memarkinkan mobilmu, hendaknya kamu mencari tempat yang teduh. Karena jika diparkir di tempat yang kena cahaya matahari langsung, panas dari kaca mobil akan membuat karet wiper mobilmu akan cepat memuai dan perlahan-lahan karetnya akan mengeras, sehingga wiper tak akan mendapatkan hasil pengelapan sempurna ketika mengelap kaca yang basah terkena air hujan.


Angkat Wiper Saat Parkir di Tempat Panas

Jika parkiran yang teduh tak tersedia dikala kamu memarkirkan mobilmu, angkatlah wiper mobilmu, sehingga tak bersentuhan langsung dengan kaca yang panas. Mungkin dari beberapa literatur menyebutkan bahwa mengangkat wiper mobil saat mobil sedang parkir itu tidak signifikan dengan cepat atau tidaknya keperluan penggantian wiper mobil, tapi kamu harus lebih teliti, apakah mereka yang menyatakan seperti itu menjual perlengkapan mobil seperti wiper dan perangkat mobil lainnya? Logikanya, mana ada penjual yang hanya mau barang dagangannya cuma laku sekali dua tahun?

Selain untuk tujuan menghemat wiper mobil, mengangkat wiper saat parkir juga akan mencegah tertahannya debu yang menempel ke karet wiper. Jika hal itu dibiarkan, debu halus yang tertahan disitu akan menggores kaca mobilmu ketika wiper digunakan. So, tidak ada salahnya kan jika wiper mobil diangkat saat kamu sedang parkir, tapi khusus untuk kaca depan aja ya guys, soalnya kalau wiper pada kaca belakang mobil ikutan diangkat, mungkin bakal mengganggu pejalan kaki yang berjalan di belakang mobilmu.

Bersihkan Karet Wiper Menggunakan Tisu

Membersihkan karet wiper secara rutin menggunakan tisu perlu kamu lakukan, setidaknya sekali dalam seminggu. Hal ini dilakukan karena bisa saja saat mencuci mobil, karet wiper terlewat dari sapuan pencuci mobil dan menyebabkan debu dan kotoran akan tetap menempel pada karet wiper dan akan mempersingkat umur pakai wiper mobilmu.

Itu tadi sedikit tips yang mungkin dapat berguna bagi kamu yang tak mau sering-sering mengganti wiper mobilmu. Jika bermanfaat, silahkan berbagi dengan rekan dan sahabatmu.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)