Cara Menghidupkan Mobil Setelah Terendam Banjir - Dunia Laki

Cara Menghidupkan Mobil Setelah Terendam Banjir

Curah Hujan yang tergolong tinggi di beberapa daerah di indonesia saat ini, seringkali menghantui para pemilik mobil yang kebetulan berdomisili di daerah rawan banjir, pasalnya jika banjir sudah merendam, mobil dan barang-barang yang lupa untuk diungsikan akan terendam.

Untuk barang-barang, mungkin bisa diungsikan atau dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari rendaman air banjir, itu pun kalau banjir yang datang siang hari, kalau kejadian banjirnya tengah kita tertidur lelap bagaimana, alamat akan terendamlah semua barang-barang termasuk mobil dan kendaraan yang kita miliki.



Lalu bagaimana caranya menghidupkan mesin mobil yang susah distarter karena telah terendam air banjir itu? Berikut DuniaLaki menghimpun beberapa tips jitu mengenai cara menghidupkan mobil yang mogok setelah terendam air banjir

Biarkan Waktu yang Menyelesaikan

Ketika mobil kita susah hidup atau tak mau menyala ketika setelah terendam air banjir, kadangkala penyelesaian permasalahan itu hanya waktu. Maksudnya, kamu tak perlu cemas dan terburu-buru menyalakan mesin mobilmu yang terendam banjir.

Terlebih dahulu buka kap mesin mobil kamu dan biarkan sisa-sisa air dan bahan bakar yang meluap ke mesin menguap dengan sendirinya. Setelah kira-kira 30 menit sampai dengan 1 jam, coba hdupkan mesin mobilmu seperti biasa.

Cek Busi dan Injektor Minyak

Jika kamu telah menunggu lama untuk menghidupkan mobilmu, dan ketika dicoba distart mesin tetap ngadat nggak mau hidup, kamu perlu memeriksa busi dan injektor minyak. Busi yang basah terkena air maupun minyak membuat busi tak bisa berfungsi maksimal.

Bersihkan busi mobilmu menggunakan lap kering sampai kondisi busi benar-benar kering. Setelah memeriksa busi, kamu juga bisa memeriksa injektor minyak. Coba bersihkan injektor dengan cara menyemprotkan cairan pembersih injektor minyak agar bisa berfungsi maksimal. Lalu setelah dirasa cukup, mulai start mesin mobil seperti biasa.

Jika mesin mobilmu tetap tak mau menyala dengan cara start biasa, cobalah dengan mengocok pedal gas berkali-kali sambil menstarter mobilmu. Dengan mengocok pedal gas berkali-kali, akan membuat pasokan bahan bakar dan udara bertambah di ruang mesin, sehingga akan menyeimbangkan kelebihan minyak yang meluber pada mesin mobil. Dengan metode ini, akan memperbesar kemungkinan mobilmu dapat menyala kembali.

Serahkan Pada Ahlinya

Jika semua cara diatas telah kamu coba dan tetap tak berhasil, mungkin sudah waktunya kamu menyerahkan permasalahan mobilmu yang tak bisa hidup kepada ahlinya.

Jangan ditunda-tunda ya guys, karena bisa saja air masuk kedalam bak mesinmu, sehingga kalau ditangani terlalu lama, takutnya akan memicu karat pada berbagai onderdil mobilmu. Segera datangi bengkel mobil 24 jam terdekat di kotamu untuk segera menyelesaikan permasalahannya.

Ada solusi lainnya? Jangan pelit untuk berbagi ya guys, silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah, mungkin saja banyak yang dapat tertolong dengan solusi lainnya darimu.

Kalau kamu rasa artikel ini dapat berguna bagi teman-temanmu, silahkan dishare ke media sosial menggunakan berbagai tombol media sosial di bawah ini. Nantikan update tips dan trik serta artikel lainnya dari kami setiap hari.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)