Cara Menghindari dan Mengamankan Mobil dari Pencurian - Dunia Laki

Cara Menghindari dan Mengamankan Mobil dari Pencurian

Pencurian kendaraan dewasa ini semakin marak terjadi. Hampir di semua wilayah pada saat sekarang ini menjadi daerah rawan bagi kendaraan anda. Lengah sedikit, kendaraan atau mobil anda akan raib, disikat oleh tangan-tangan tak bertanggungjawab. Untuk menghindari dan mengamankan mobil anda dari tangan para pencuri tersebut, berikut kami sampaikan beberapa tips sederhana yang dapat anda terapkan.

Tutup semua jendela dan kunci pintu mobil

Membiarkan jendela terbuka dan pintu mobil dalam kondisi tak terkunci saat parkir tentulah sebuah perbuatan sembrono. Kecuali anda memang berniat untuk bersedekah kepada para pencuri kendaraan yang mengincar mobil anda 🙂


Jangan letakkan barang berharga dalam mobil

Meletakkan tas, dompet, smartphone maupun benda-benda berharga lainnya di dalam mobil ketika parkir akan beresiko memancing tangan-tangan jahil para pencuri untuk mencoba memindahtangankan barang-barang berharga anda tersebut ke tangannya. Jika barang bawaan anda tak mungkin dibawa turun mobil, usahakan menyimpan barang-barang tersebut pada bagian mobil yang tidak kelihatan dari luar.

Parkir di daerah yang cukup ramai

Memarkirkan mobil di tempat yang sepi akan membuat resiko kehilangan lebih tinggi, karena para pencuri tentu akan lebih leluasa untuk mencoba membuka paksa mobil anda tanpa diketahui oleh orang lain. Jadi, jika tidak ada fasilitas parkir yang resmi dan ada penjaganya, usahakan memarkir mobil di tempat yang ramai.

Jangan tinggalkan mobil dalam kondisi menyala dan tak terkunci

Kebiasaan jelek kita yang malas mematikan mobil ketika berhenti sejenak dan meninggalkan mobil untuk membeli sesuatu di pinggir jalan justru akan membuat resiko pencurian kendaraan akan lebih tinggi, karena pencurian terjadi bukan hanya karena niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan.. 🙂

Jangan tinggalkan kunci cadangan di mobil anda

Mungkin banyak dari kita yang selama ini menyimpan kunci cadangan di dalam mobil. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari, karena hal ini akan memudahkan orang lain tak bertanggungjawab lebih mudah menyalakan mobil anda dan membawanya kabur.

Gunakan pengaman ganda

Saat parkir, gunakan pengaman ganda untuk mengamankan mobil anda, seperti pengaman stiur atau pengunci perseneling yang banyak dijual di pasaran

Pasang Pelacak atau GPS Tracker

Berbagai sistem dan perangkat tersedia untuk membuat kendaraan lebih sulit dicuri dan lebih mudah dilacak. Sebagai tindakan pencegahan, memasang GPS Tracker adalah sebuah langkah yang bagus. Selain dengan dipasangnya alat ini bisa dengan mudah melacak keberadaan mobil, ada juga GPS tracker yang sekaligus berfungsi sebagai pengontrol jarak jauh. Jadi melalui operator, anda dapat mematikan mesin kendaraan anda jika suatu saat kendaraan anda dicuri.

Pasang Alarm Mobil

Alarm dapat mencegah terjadinya pencurian kendaraan. Karena dengan aktifnya suara alarm yang menarik perhatian ketika seseorang mencoba mencuri atau membobol kendaraan Anda, akan membuat orang tersebut berfikir panjang sebelum melakukannya.

Asuransikan kendaraan anda

Mengasuransikan kendaraan adalah sebuah langkah yang tepat untuk menghindari kerugian ketika kendaraan anda dicuri. Disamping itu, asuransi juga dapat menghemat budget anda ketika terjadi kecelakaan yang tak disengaja.

Setelah menerapkan berbagai tips diatas, belum tentu 100% kendaraan anda aman dari para pencuri. jika kendaraan anda dicuri, segera laporkan ke kantor polisi terdekat .

Melaporkan pencurian kendaraan anda ke Polisi sangat berguna nantinya, khususnya untuk mengajukan klaim asuransi kehilangan kepada perusahaan asuransi mobil Anda. Selain itu, bisa saja mobil anda yang telah dicuri akan ditemukan oleh polisi saat melakukan operasi razia maupun patroli.

Semoga kendaraan anda tetap selalu aman dari tangan-tangan tak bertanggungjawab.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)