Cara Mengisi Ulang Radiator - Dunia Laki

Cara Mengisi Ulang Radiator

Untuk anda ketahui, cara kerja sistem pendingin mesin yaitu cairan pendingin mengalir melalui serangkaian pipa untuk mengumpulkan panas kemudian memancarkannya dari radiator. Jika pemeliharaan dilakukan secara teratur, akan membuat sistem berfungsi dengan baik. Hal ini juga membantu mencegah kerusakan di pinggir jalan secara tiba-tiba sehingga mengakibatkan perbaikan akan menjadi jauh lebih mahal. Seiring waktu, bahan kimia dalam cairan pendingin akan mulai habis, karat dan kotoran akan terbentuk di sistem, sehingga berpotensi mengalami penyumbatan. Anda dapat menghindari masalah ini dengan cara mengisi ulang radiator Anda setiap dua tahun atau lebih.



Tunggu mobil Anda menjadi dingin. Sebab servis radiator mobil ketika hangat bisa berbahaya karena cairan di dalamnya akan panas. Idealnya, penyiraman radiator dilakukan di pagi hari pada saat mobil dingin.

Lepaskan penutup radiator yang terletak di bagian atas radiator. Hal ini akan melepaskan tekanan apa pun dari sistem.

Tiriskan radiator. Harus ada colokan pembuangan pada bagian bawah, dapat dilihat dari bawah mobil. Untuk lokasi tepat steker, maka periksalah secara manual mobil anda. Tempatkan sebuah ember di bawah steker, lalu keluarkan dan biarkan cairan mengalir keluar. Mungkin anda akan membutuhkan kunci pas untuk melonggarkan steker. Gantilah steker disaat Anda sudah selesai.

Potong selang pemanas yang mengalir dari radiator ke bagian atas mesin, gunakan pisau yang tajam. Masukkan selang ke pipa sambungan berbentuk T ke radiator Anda. Bagian ujung selang di kedua sisi potongan harus tergelincir di atas cabang-cabang “T.” Anda bisa mengamankan ujungnya dengan menggunakan obeng untuk mengencangkan klem yang disertakan dengan kit.

Sekrup selang panjang pada bagian ujung dari pipa “T,” dan hubungkan ujung lainnya ke keran selang.

Sekrup ke bagian atas radiator, tempat tutupnya. Air yang disiram melalui radiator akan keluar dari pengalir.

Nyalakan mobil dan hidupkan pemanas tinggi-tinggi. Hidupkan selang. Aliran ini akan berfungsi sebagai pendorong yang bertujuan mendingikan sistem yang beredar mulai dari awal sampai didorong keluar dari pengalir dan masuk ke dalam ember.

Baca juga tentang ini: Panduan Membeli Mobil Bekas Murah dan Berkualitas

Kemudian lanjutkan pembilasan sistem sampai air yang keluar dari pengalih menjadi jernih. Jika sudah, matikan mesin dan selang taman.

Setelah itu tiriskan lagi radiator untuk mengeluarkan air siraman tadi, setelah itu tutup kembali tutup saluran dan lepaskan pengalir. Tuangkanlah cairan anti beku segar ke radiator melalui celah di mana pengalir berada. Ketika radiator penuh, ganti tutupnya. Radiator sekarang memerah.

Tips penting

Buang pendingin yang tidak digunakan dengan benar dengan membawanya ke pusat daur ulang resmi untuk di daur ulang.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)