Jenis dan Manfaat Asuransi Mobil di Indonesia - Dunia Laki

Jenis dan Manfaat Asuransi Mobil di Indonesia

Pada saat sekarang ini, asuransi mobil merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk dimiliki, terlebih ketika anda selalu menggunakan mobil sendiri untuk berpergian kemana-mana. Pada awalnya, mungkin anda akan terasa berat membayar biaya polis atau premi asuransi. Akan tetapi, jika suatu saat anda mengalami kecelakaan di jalan raya, dan mengakibatkan kerusakan berat pada mobil anda, barulah anda akan merasa bersyukur karena memiliki sebuah perlindungan asuransi yang akan menanggung segala biaya perbaikan agar mobil anda kembali seperti semula.



Ada beberapa tipe asuransi mobil yang umum ditawarkan perusahaan asuransi di Indonesia kepada kita yang ingin menjadi konsumennya. Pada artikel kali ini, DuniaLaki akan membahas 2 jenis perlindungan asuransi mobil yang perlu diketahui.

All Risk atau Comprehensive

Asuransi all risk merupakan jenis perlindungan kendaraan oleh perusahaan asuransi yang akan menanggung segala kerusakan fisik yang terjadi pada mobil anda, mulai dari gores dan baret pada cat mobil akibat tergesek kendaraan lain, kehilangan, sampai dengan kecelakaan berat yang pastinya menyisakan bekas kerusakan yang berat pula. Asuransi tipe ini cocok digunakan untuk anda yang selalu menggunakan mobil pribadi kemana-mana, sehingga apapun jenis dan penyebab kerusakan pada mobil anda akan dibiayai oleh perusahaan asuransi. Namun demikian, salah satu kekurangan jika memilih tipe perlindungan asuransi All Risk ini adalah biaya premi yang tergolong mahal. Biasanya perusahaan asuransi akan menagihkan biaya 2 sampai 3 persen dari nilai pertanggungan mobil untuk biaya premi pertahunnya (catatan: beda perusahaan asuransi akan beda nilai premi).

TLO atau Total Lost Only

Asuransi TLO merupakan jenis perlindungan kehilangan total yang diberikan kepada mobil anda. Dengan kata lain, anda hanya bisa mengajukan klaim untuk asuransi tipe ini jika mobil anda hilang dicuri orang, atau jika mobil anda mengalami kecelakaan yang berakibat kerusakan kendaraan dengan kondisi kerusakan lebih dari 70%, atau dalam bahasa sederhananya, kerusakan mobil yang diganti hanya jika mobil babak belur tak berbentuk lagi.

Premi atau biaya Perlindungan asuransi dengan jenis TLO ini cenderung lebih murah daripada pertanggungan asuransi yang All Risk. Akan tetapi, mengingat minimnya manfaat perlindungan Asuransi TLO, asuransi dengan tipe ini hanya dianjurkan bagi anda yang memiliki mobil simpanan yang jarang dipergunakan. Sementara untuk mobil yang selalu anda gunakan untuk berpergian sehari-hari, sudah selayaknya menggunakan asuransi All Risk yang akan menanggung segala macam resiko kerusakan seberapa pun kondisinya. Memang biaya premi akan lebih mahal, tapi ibarat kata pepatah, “Kalah membeli, menang memakai”, jadi pembayaran premi yang besar cukup berimbang dengan manfaat yang akan anda dapatkan nantinya.

Itu tadi 2 jenis perlindungan asuransi untuk mobil kesayangan anda. Terkait asuransi tipe mana yang akan anda gunakan untuk melindungi mobil anda, pilihan sepenuhnya berada di tangan anda.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)