Mobil terasa bergetar saat mengemudi? 3 masalah ini yang mungkin terjadi - Dunia Laki

Mobil terasa bergetar saat mengemudi? 3 masalah ini yang mungkin terjadi

Apakah mobil terasa bergetar saat anda mengendarainya dan terasa seperti bergoyang ketika mengemudi mobil? Jika iya, perhatikan tiga masalah ini yang umum terjadi.

Masalah Pada Ban

Penyebab yang paling sering membuat mobil bergetar adalah berkaitan dengan ban. Sebab jika ban tidak simetris atau seimbang maka roda kemudi akan terasa bergetar. Goncangan ini akan terasa pada kecepatan dimulai sekitar 80-100 km per jam. Ini semakin memburuk jika mencapai diatas 100 km per jam tapi mulai menjadi lebih normal kembali dengan kecepatan tinggi.



Jika masalah adanya pada ban mobil, maka gantilah ban anda dengan ban berkualitas baik dan dengan semua ban diperiksa dengan seksama saat mobil masuk untuk bengkel.

Masalah Pada Rotor Rem Mobil

Rotor rem terkadang bisa menjadi penyebab getaran tersebut. Jika roda kemudi Anda terasa bergetar saat Anda mengerem maka masalahnya dapat disebabkan rotor rem “tidak dalam putaran yang semestinya”. Getaran ini juga akan terasa pada pedal rem Anda.

Masalah Pada Rem Caliper

Masalah lain yang umum bisa menyebabkan getaran adalah disaat rem caliper menempel. Bila ini terjadi Anda akan mengalami terasa bergetar dari setir mulai 60 hingga 80 km per jam. Ini akan menjadi sangat buruk apabila anda dengan kencang, dan Anda juga akan terasa mencium bau terbakar saat Anda berhenti. Kabar baiknya, masalah ini mudah diperbaiki atau dihindari

Jika masalah ada pada rem mobil, maka hal ini bisa dihindari dengan membawa mobil anda ke bengkel untuk perawatan. Tips ini sangat penting untuk kendaraan yang memiliki jarak tempuh sudah 100.000 km pada kendaraan tersebut. Dan, seperti ban mobil Anda, maka segeralah semua bantalan rem Anda diperiksa sebagai bagian dari perawatan rutin yang sudah dijadwalkan secara teratur.

Sebenarnya, dengan berpegang pada buku manual yang berasal dari pabrik, anda akan terhindar dari permasalahan diatas. Biasanya, pengecekan rem dan ban selalu dilakukan saat Anda mengganti oli mobil. Dalam kasus lainnya, pemilik kendaran yang jarang membawa mobilnya dengan jarak tempuh yang jauh, biasanya cukup setiap satu kali per enam bulan sudah bisa ke jalan raya.

Pemakaian ban yang menyebabkan roda ban tidak simetris, bisa jadi Ban dipakai pada kondisi jalan yang ekstrim. Jika salah satu kain rem depan atau belakang terlihat lebih bunyi dari yang lain, ini pertanda rem yang lengket.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)