Pemerintah beri sinyal rencana kenaikan harga bbm pada 2018 - Dunia Laki

Pemerintah beri sinyal rencana kenaikan harga bbm pada 2018

Semakin meningkatnya harga minyak mentah dunia belakangan ini, membuat pemerintah menaikan ICP (Indonesia crude price) pada November 2017 di level 59 dolar amerika per barelnya. Terjadinya lonjakan harga minyak mentah dunia ini dipicu oleh persediaan dan produksi minyak mentah amerika yang cenderung turun. Melihat semakin tingginya kenaikan harga minyak mentah tersebut, pemerintah memberi sinyal untuk rencana kenaikan harga BBM pada 2018.

Ego Syahrial, Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) mengatakan bahwa jika pada awal tahun harga minyak mentah dunia tembus 60 dolar amerika per barel maka harga BBM akan dinaikkan. Kalau melewati harga 60 dollar per barelnya, kami harus bersikap, misalnya menaikkan harga Premium dari harga semula Rp 6.450 per liter ke harga Rp 6.750 per liter atau lebih. Hal ini bisa saja menjadi opsi” ungkap Ego.



Akan tetapi sebelum mengambil langkah menaikkan harga BBM, Pemerintah akan tetap berupaya mencari cara terbaik agar harga BBM tetap efisien di tengah tren kenaikan harga minyak mentah dunia. Salah satu cara yang akan ditempuh pemerintah adalah dengan merubah formula harga. “Apakah biaya operasional dan overhead Pertamina bisa diefisensikan. kami terus berupaya mencari cara agar daya beli masyrakat dapat tetap terjaga,” sambung Ego.

Disamping mengubah formula harga, Ego juga menyatakan bahwa pemerintah berencana memperpanjang masa evaluasi harga BBM. Kalau evaluasi harga sekarang ini ditetapkannya sekali tiga bulan, kemungkinan kedepannya penetapan harga dilakukan per satu tahun.

Berdasarkan pantauan DuniaLaki pertanggal 8 Januari 2018, harga minyak mentah dunia telah mencapai harga 61,49 US dollar perbarelnya. Pagi tanggal 11 Januari ini ketika dicek kembali, malah harganya meningkat lagi ke angka 63,36 US dollar per barel. Tren kenaikan harga minyak dunia ini tentu saja menjadi isyarat bahwa kemungkinan pemerintah akan menaikkan harga BBM dalam waktu dekat.

Walaupun begitu, mari kita tunggu perkembangan selanjutnya, apakah pemerintah akan menaikkan harga BBM atau tidak. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah mengambil langkah bijak terkait penggunaan bahan bakar, sehingga imbas kenaikan harga BBM nantinya tak terlalu berpengaruh kepada pengeluaran kita dalam hal konsumsi bahan bakar. Dengan memilih mobil yang hemat bahan bakar contohnya, atau menerapkan tips jitu dalam menghemat minyak mobil yang telah kita bahas beberapa waktu yang lalu.

Jika menurutmu artikel ini bermanfaat, silahkan gunakan media sosial untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)