Tips Jitu Agar Ban Mobil Tak Cepat Habis - Dunia Laki

Tips Jitu Agar Ban Mobil Tak Cepat Habis

Tingginya harga ban mobil belakangan ini sangat berpengaruh bagi para pemilik mobil. Terutama bagi kamu yang sering menempuh perjalanan jauh dengan mobil kesayanganmu. Bayangkan saja, jika setiap enam bulan sekali kamu harus mengganti ban mobilmu, tentunya kamu harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk menggantinya. Syukur-syukur kamu ada budget berlebih untuk itu, kalau pas-pasan? Berabe kan? Agar kamu bisa sedikit berhemat dengan menekan pengeluaran untuk membeli ban baru, kali ini DuniaLaki menyajikan beberapa tips agar ban mobil kesayanganmu tak cepat habis. Apa tipsnya? Yuk disimak lebih lanjut.


Rawat Ban Mobil Secara Teratur

Hal pertama yang dapat kamu lakukan agar ban mobilmu selalu awet adalah dengan melakukan perawatan ban secara rutin. Perawatan ini bisa berupa pembersihan ban dari sisa-sisa tanah, pasir, maupun kerikil yang menempel pada ban mobilmu, menggunakan cairan khusus yang bertujuan untuk menjaga kelembaban ban, menjaga tekanan angin ban, maupun rutin melakukan spooring dan balancing di bengkel mobil langgananmu, agar posisi dudukan ban mobilmu selalu stabil dan nggak cepat habis sebelah.

Hindari Lobang Saat Berkendara

Seperti yang kita ketahui bersama, jalanan indonesia itu kondisinya nggak terlalu bagus, apalagi jalanan antar kota, banyak lobangnya. Sepertinya jalanan di negeri kita ini punya moto “nggak ada lobang nggak asyik”. Agar ban mobilmu tidak cepat rusak, sebaiknya kamu menghindari ban mobilmu dari lobang saat berkendara. Jika keseringan masuk lobang, apalagi lobang yang dalam dan berpinggiran tajam, tentunya ban mobilmu akan cepat rusak strukturnya, apalagi jika kamu menggunakan ban yang di dalamnya ada kawatnya. Kalau kawat dalam ban tersebut putus, bisa-bisa ban mobilmu jadi “bunting” dan nggak bakal nyaman lagi untuk dipakai.

Jangan Berkendara Zigzag

Mengendarai mobil sambil zigzag nyalip kendaraan lain, apalagi dalam kecepatan diatas rata-rata sangat tak dianjurkan. Disamping mempercepat habisnya karet ban mobilmu, juga nggak bagus untuk keselamatan berkendara. Usahakan kendarai mobilmu secara konstan dan stabil di satu lajur, hal ini akan membantu dalam mengurangi gesekan antara ban mobil dengan jalan raya.

Hindari Ngebut jika Tak Perlu

Kebut-kebutan dijalan raya ataupun jalan luar kota sangat tidak dianjurkan, selain berbahaya, hal ini juga akan mempersingkat umur pakai ban mobilmu. Semakin ngebut kamu mengendarai mobilmu, maka ban mobilmu akan semakin cepat panas dan semakin cepat habis terkikis gesekan dengan jalan raya. So, jangan ngebut jika memang tak kondisinya tak terlalu perlu mengejar waktu. Mengutip pernyataan bung Rhoma, “Ngebut boleh aja, asal ada perlunya..” eh, itu liriknya begadang atau ngebut ya?

Jangan Ngerem Mendadak

Hindari pengereman mobil secara mendadak, karena ban mobilmu akan semakin cepat habis karena bergesek dengan jalan raya. Untuk menghindarinya, ya kembali lagi, jangan ngebut.

Berkendara Jarak Jauh Waktu Malam atau Dingin

Jika kamu berencana untuk menggunakan mobilmu untuk jarak jauh, pergi liburan atau mudik misalnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk berkendara pada malam hari atau ketika kondisi teduh dan dingin. Pasalnya ketika malam hari atau kondisi teduh, kondisi jalan akan lebih dingin daripada pada saat siang hari yang cuacanya panas terik, sehingga akan mengurangi potensi ausnya ban akibat bergesek dengan jalan raya yang panasnya luar biasa. Akan tetapi, sebelum kamu berangkat berkendara pada malam hari, kamu harus mengecek terlebih dahulu kondisi lampu-lampu mobilmu, agar aman dan nyaman saat berkendara nanti.

Gunakan Mobil Seperlunya

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan dalam berhemat ban mobil agar tak cepat habis adalah dengan cara menggunakan mobil kesayanganmu seperlunya. Jika tak terlalu perlu menggunakan mobil, sebaiknya hindari. Karena jika jarak tempuh hanya dibawah 1 km, sebaiknya gunakan sepeda motor atau jalan kaki biar lebih sehat.

Jika ada tips yang ingin kamu tambahkan, silahkan corat coret di kolom komentar ya. Dan jangan lupa, share untuk temanmu jika kamu rasa artikel ini akan berguna bagi mereka.

You May Also Like

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)