Tips Memoles Cat Mobil yang Baik dan Benar - Dunia Laki

Tips Memoles Cat Mobil yang Baik dan Benar

Salah satu cara agar cat mobil awet dan kinclong adalah dengan cara memoles cat mobil dengan wax atau cairan pemoles cat mobil. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, perlu diikuti cara-cara memoles cat mobil yang baik dan benar.

Kali ini DuniaLaki bakal berbagi tips jitu memoles cat mobil sehingga kamu bisa mendapatkan hasil polesan yang lebih kinclong maksimal. Yuk kita bahas satu persatu

Pastikan Kondisi Mobil Dalam Keadaan Bersih

Sebelum mengoleskan wax atau cairan pembersih cat mobil, perlu diperhatikan kondisi kebersihan mobil kamu terlebih dahulu. Jangan sampai ada kotoran yang masih menempel pada bagian cat mobil yang ingin kamu bersihkan.



Perhatikan dengan seksama, jangan sampai ada butiran pasir atau butiran keras yang menempel. Butiran keras itu nanti ketika dipoles menggunakan wax atau cairan pemoles akan berpotensi membuat goresan pada cat mobilmu.

Untuk berjaga-jaga, cuci terlebih dahulu mobil sebelum dilakukan pemolesan. Hal itu akan mengurangi resiko tersisanya kotoran yang menempel pada bagian cat mobil. Setelah dirasa bersih, keringkan sisa-sisa air yang menempel menggunakan lap kering yang halus.

Lakukan Pada Situasi dan Kondisi yang Tepat

Untuk mulai memoles kendaraan, lakukan pada saat cat mobilmu dalam keadaan dingin. Pemolesan cat menggunakan wax atau cairan pembersih haruslah dilakukan di tempat yang teduh dan terlindung dari sengatan cahaya terik matahari langsung.

Akan tetapi jangan juga dilakukan pada saat cuaca sedang mendung atau dalam kondisi hujan, karena akan berpengaruh pada lama keringnya wax atau cairan pemoles mobil. Jika wax lama keringnya, akan mengakibatkan polesan menjadi tidak rata dan cat akan kelihatan berembun.

Lakukanlah pemolesan pada saat cuaca yang sedang cerah, karena ketika dilakukan pada saat situasi dan kondisi yang tepat seperti itu, kamu akan mendapatkan hasil pemolesan yang maksimal.

Poles Wax Secara Bertahap

Ketika akan memulai kegiatan pemolesan menggunakan cairan pemoles cat mobil, pertama-tama tuangkan cairan wax pada spons dan poleslah secara memutar dan ratakan per bagian, jangan dipoles sekaligus pada semua bagian body mobil karena daya tekan akan berkurang saat kamu lelah, akibatnya pada saat penyelesaian nanti hasil akhirnya mungkin tidak akan maksimal sesuai dengan harapanmu.

Jadi dengan dikerjakan secara bertahap, hasilnya bisa lebih maksimal, karena jika kondisi lelah, kamu dapat beristirahat sebentar, setelah fit, bisa dimulai kembali pemolesannya, jadi daya tekan spons ke body mobil dapat terjaga kestabilannya.

Finishing Menggunakan Kain Halus dan Kain Microfiber

Ketika bagian mobil telah selesai dipoles, diamkan sebentar sehingga wax mengering, kamu bisa ngopi dulu sejenak agar wax mengering sempurna. Setelah wax kering, gunakan lap dari bahan kain yang halus untuk membersihkan lapisan wax yang melekat pada body mobil.

Selanjutnya, gunakan kain microfiber untuk finishing. Microfiber merupakan kain yang terbuat dari benang yang sangat halus. Kain ini menghasilkan sentuhan yang sangat lembut, sehingga akan memberikan kebersihan dan hasil yang maksimal untuk pemolesan mobil menggunakan wax pembersih cat mobil. Kain mikrofiber ini banyak dijual di supermarket-supermarket terdekat.

Setelah proses pemolesannya dijalani selangkah demi selangkah tadi, warna cat mobilmu akan kembali cerah dan cemerlang, kinclong maksimal bagaikan diberi lapisan kaca.

Jika kamu malas atau tidak ada kesepatan berlama-lama memoles kendaraanmu, silahkan serahkan kepada ahlinya di salon mobil terdekat dikotamu. Dengan konsekuensi ada biaya jasa yang perlu dikeluarkan disitu.

Jangan lupa torehkan komentarmu di bagian bawah artikel ini ya. Jika kamu berkenan, silahkan berbagi informasi ini dengan teman-teman dan keluarga. Share artikel menggunakan berbagai tombol media sosial dibawah.

You May Also Like

3 thoughts on “Tips Memoles Cat Mobil yang Baik dan Benar

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)