Tips Terbaru Perawatan Kendaraan Agar Lebih Aman - Dunia Laki

Tips Terbaru Perawatan Kendaraan Agar Lebih Aman

Keamanan dan kenyamanan dalam berkendara sangatlah penting, apalagi jika mobil yang kita gunakan untuk berkendara adalah mobil tua atau mobil bekas. Disamping perawatan dasar pada mobil tua yang telah kita bahas pada artikel yang lalu, kali ini DuniaLaki akan membahas lebih lanjut mengenai perawatan kendaraan agar dapat dikendarai dengan lebih aman dan nyaman.

Periksa Lampu-lampu

Sebelum berkendara, apalagi jika berencana menempuh jarak yang jauh, demi keamananmu di jalan, jangan lupakan untuk mengecek lampu-lampu pada mobil tuamu, lampu utama, lampu sein, dan lampu rem, sangat penting untuk diperhatikan karena sangat vital fungsinya. Jika lampu utama terasa kurang terang, kamu dapat menambahkan relay untuk membuatnya lebih terang, atau bisa juga mengganti lampu dengan kapasitas yang lebih besar, untuk melakukannya, kamu dapat mendatangi bengkel terdekat, ataupun auto repair yang banyak bertebaran di berbagai kota.

Periksa Indikator Pada Speedometer

speedometer mobilAgar mobil tua lebih aman dan nyaman ketika dikendarai, perhatikan juga indikator-indikator yang terdapat pada speedometernya, seperti indikator bahan bakar, indikator panas, dan berbagai indikator lainnya, sehingga jika sedang dikendarai, kamu dapat mengetahui kondisi panas mesin dan kondisi bahan bakar mobilmu. Kamu pasti tidak mau kan, mobil tuamu mogok kehabisan bahan bakar hanya karena indikator bahan bakar yang mati.

Jangan Tunggu Tangki Bahan Bakar Kosong

Jika kamu menggunakan mobil bekas atau mobil tua, segera isi bahan bakar mobilmu jika indikator bahan bakar telah menunjukkan pada posisi seperempat, jangan tunggu sampai habis, karena hal itu akan membuat kotoran dan endapan pada tangki minyakmu tersedot ke dalam mesin sehingga berpotensi membuat mesin mobilmu ngadat dan mogok.

Bersihkan Tangki Bahan Bakar

Untuk menjaga keawetan tangki bahan bakar, pompa minyak dan keawetan mesin, lakukan pembersihan tangki secara berkala, minimal setahun sekali, sehingga tangki bebas dari endapan bahan bakar dan terhindar dari karat dan korosi. Hal ini bisa dilakukan sendiri, atau kalau tidak bisa, dapat mengunjungi bengkel terdekat di kotamu.

Periksa Kelayakan Ban dan Kaki-kaki mobil

Jika kamu ingin berkendara, kondisi ban merupakan salah satu faktor penting untuk diperiksa, demi keamanan dan keselamatan di jalan nantinya. Periksa apakah ban masih layak digunakan atau tidak. Jika kondisi ban sudah botak atau tipis, segera ganti dengan yang baru. Disamping itu, jangan lupa selalu bawa ban cadangan ketika berkendara, agar jika ban utama pecah atau bocor, dapat diganti sementara dengan ban cadangan sebelum menemukan lokasi bengkel terdekat. Jangan lupa mengecek tekanan angin ban mobil secara rutin, agar mobil lebih nyaman ketika dikendarai. Idealnya, tekanan angin ban mobil bagian belakang haruslah lebih tinggi daripada tekanan angin pada ban bagian depan mobil, agar jika dikendarai lebih nyaman dan stabil. Agar lebih aman dikendarai, periksa secara rutin kondisi kaki-kaki mobilmu, sehingga kerusakan pada kaki-kaki mobil dapat segera diketahui dan diambil penyelesaian untuk permasalahannya, apakah kaki-kaki tersebut akan diganti atau cukup dengan perawatan saja.

Jangan Lupakan Kunci-kunci

Terkadang kita sering melupakan berbagai kunci yang selayaknya harus ada pada mobil, seperti kunci roda, kunci pas, obeng, dongkrak mobil dan berbagai kunci lainnya yang diperlukan dalam pertolongan pertama pada kerusakan kendaraan, padahal, keberadaan kunci-kunci ini sangatlah penting, karena kita tidak pernah tahu apa yang bakal kita hadapi ketika sedang berkendara.

Periksa AC Mobil Agar Nyaman

Jika mobil tuamu memiliki air conditioner yang masih berfungsi, jangan lupa untuk mengecek kondisinya sehingga dapat terus berfungsi dengan baik dan tetap menghantarkan udara yang sejuk kepadamu selama berkendara. AC juga sangat penting jika berkendara dalam cuaca hujan atau pada malam hari. Jika AC tidak berfungsi, pengembunan pada kaca bagian depan mobilmu tentu akan sangat mengganggu nantinya. Bagian penting pada AC mobil yang perlu diperhatikan antara lain adalah kompressor AC, selang AC, kipas AC pada kabin dan freon AC. Pengecekan ini dapat dilakukan pada bengkel AC terdekat di kotamu.

AC Tidak Berfungsi? Siapkan Perlengkapan Darurat !

Bagaimana jika AC pada mobilmu tidak berfungsi? sementara dana untuk membeli AC tidak mencukupi? Siapkan perlengkapan darurat untuk mencegah pengembunan pada kaca depan jika hujan atau cuaca malam. perlengkapan darurat yang murah dan meriah namun cukup efektif untuk menghilangkan pengembunan itu adalah cairan Shampoo. Oleskan cairan shampoo (tanpa dicampur air) ke kaca bagian depan jika berembun, lalu bersihkan menggunakan tisu atau kain bersih. Hal ini cukup efektif untuk mencegah pengembunan pada kaca mobilmu. Namun alangkah baiknya jika kamu mulai menabung agar bisa membeli atau memperbaiki AC mobilmu yang rusak.

Mau tahu lebih lanjut mengenai berbagai tips dan trik dari DuniaLaki? Silahkan berlangganan dengan cara mendaftarkan emailmu pada bagian sebelah kanan blog ini agar tak ketinggalan berita.

You May Also Like

One thought on “Tips Terbaru Perawatan Kendaraan Agar Lebih Aman

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)